Tempe Kemul, Kuliner Lezat dari Negeri para Dewa

Feature, Ragam418 Views

Mengunjungi Dieng, kayaknya ngga afdhol tanpa menikmati sajian khas kota Wonosobo, tempe kemul. kota ini jaraknya sekitar 30 kilometer dari Dieng. Jika Anda ke Dieng, selain lewat kota Banjarengara, Wonosobo adalah kota paling dekat.

Wajar, karena Dieng terbagi menjadi dua wilayah. Pertama Banjarnegara, kedua Wonosobo. Secara geografi Wonosobo lebih dikenal daripada Banjarnegara.

Menginjakkan kaki di kota Wonosobo, Anda akan disuguhi pemandangan berupa keramahan warga dan deretan kuliner yang kian menjamur di sekitar pusat kota, Tapi sayangnya menjamurnya karena penataan yang kurang tepat. Pasar terbakar beberapa tahun yang lalu, sampai hari ini belum kunjung selesai.

Baca juga: Cara Bikin Sop Ayam Bening Praktis untuk Menu di Kala Hujan

Dan area Alun-alun yang dulu jadi pusat kuliner, Sunday Morning, juga dibubarkan. Mau tidak mau, para pencari rezeki pun memutar otak. Sepanjang mata memandang, jika Anda menempuh perjalanan ke Dieng, di depan Masjid Agung Al-jami’ dan di terobosan Betengsari atau utara Masjid, deretan gerobak terpakir rapi.

Di sinilah Anda bisa menjumpai pedagang tempe kemul. Tidak cuma satu, melainkan beberapa pedagang ada. Saya sendiri lebih suka mengudap tempe kemul di pagi hari sambil ngeteh nasgitel.

Tepung Tempe Kemul Instan

Sejatinya, tempe kemul mirip dengan mendoan dari Banyumas. Yang membedakan tepungnya. Tempe khas Wonosobo lebih krispi sedangkan mendoan tidak.

Menilik bahan keduanya, kita akan mendapatkan perbedaan meski tidak cukup signifikan.

Ngomong-ngomong soal tempe kemul, sebagai kudapan khas negeri para dewa, yakni Dieng. Anda bisa juga menjadikannya sumber pundi rupiah.

Sekarang, ada tempe kemul instan. Bahkan sampai di expore ke Belanda. Isi dari paket tepung tempe kemul pun praktis sekali.

Anda hanya butuh irisan tempe saja untuk memasak seporsi tempe kriuk yang gurih dan renyah ini.

Contohnya tepung tempe kemul instan merek Bunda. Dalam paketnya sudah include tepung yang dibumbui dengan rempah otentik Wonosobo. Sudah ada rasa gurih, berikut daun kucai kering.

Harganya pun murah meriah. Untuk 500 gram tepung tempe kemul lengkap hanya dibanderol 24 ribu. Bayangkan! jika Anda membuatnya dari awal, tentu susah, melelahkan juga.

Cara membuat tempe kemul dari tepung instan pun mudah sekali. Hanya perlu tuang tepung, kasih air, kasih irisan tempe lalu goreng. Sudah.

Ketika saya mencoba tepung ini, memang lezat. Praktis banget. Untuk rasa,  mirip dengan aslinya, tapi di beberapa orang butuh sedikit skill memadukan air dengan tepungnya. Karena kalau kebanyakan air ngga akan dapat tekstur seperti aslinya.

Kabar gembiranya, tepung ini tersedia di beberapa toko online. Dan ada varian ukurannya. Yang mau coba belanja, coba simak data ini dulu.

Ukuran tepung tempe kemul instan:

  • Ukuran 150gram @13.500 belinya di sini
  • Ukuran 250gram @ 16.500 belinya di sini
  • Ukuran 500 gram @ 24.900 belinya di sini

Di atas gunung Dieng adalah tempat bersemayamnya para Dewa, di tengah kota Wonosobo, terdapat kuliner lezat yang harus Anda coba.

Gurihnya tempe kemul Wonosobo memang berbeda dengan mendoan Banyumas. Tapi, rasanya tidak akan lengkap kalau hanya dapat cerita. Yuk cicipi langsung di kota asalnya, Wonosobo (ESA)

Comment