by

Reboot Adalah? Ini Pengertian dan Bedanya dengan Reset

Pernah dengar istilah reboot? reboot adalah aktivitas melakukan booting ulang dalam sebuah sistem aplikasi. Baik itu Hp, PC, laptop atau tablet.

Istilah reboot sebenarnya sudah sangat umum digunakan. Meski di masyarakat awam kadang lebih suka menyebut dengan restart. Lalu apa sih arti restart, reboot, dan reset?

Bagi yang paham soal teknologi tentu mengaplikasikan semua itu perkara mudah. Namun bagi yang  awam, tentu butuh tutorial.

Coba cek ini:

Reboot adalah

Menurut Oxford Citionary, , kata “reboot” bisa diartikan sebagai sebuah tindakan melakukan booting ulang yang kaitannya dengan sistem teknologi, atau gadget lainnya.

Dengan begitu, semua aktivitas mematikan gadget atau device semisalnya, dengan tujuan untuk melakukan booting ulang adalah reboot.

Nah, di masyarakat ada istilah restart. Lalu apa beda keduanya?

Restrat atau memulai ulang (re- start) adalah kata atau istilah lain dari reboot.

Sekarang apa bedanya dengan Reset? mari kita simak.

Reset adalah

Reset adalah menghapus seluruh data dengan cara mengatur ulang. Dari sini reset dan reboot dua hal yang berbeda.

Nah, reset berarti memulai sistem baru dengan membuang data, misal reset Hp, maka Poto, dan semisalnya akan hilang.

Reset biasanya dilakukan untuk membuang data tersimpan dengan cepat.

Cara Kerja Reboot

Begini cara kerja reboot:

  1. Kamu menekan tombol power di HP
  2. HP akan memunculkan menu
  3. Kamu menekan tombol Mulai Ulang/restart
  4. Sistem akan mati, dan menyala kembali
  5. Reboot selesai

Manfaat Reboot pada Smartphone

  • Melancarkan atau menyegarkan kembali suatu aplikasi atau hardware yang sedang bermasalah secara tiba-tiba saat sedang dijalankan.
  • Setelah melakukan reboot, maka sistem akan kembali dalam kondisi normal dan fresh tanpa adanya beban berlebih. Ini akan membuat kinerja smartphone lebih optimal.
  • Dapat menjaga kekompakan kinerja bagi seluruh komponen atau hardware pada smartphone. Sehingga, meminimalisir loading yang terlalu lama.
  • Reboot dapat menyegarkan aplikasi yang baru saja terpasang pada smartphone maupun yang sebelumnya sudah terpasang pada smartphone.
  • Menjaga ‘kesehatan’ pada sistem operasi smartphone agar kinerjanya tetap optimal.

Kesimpulannya…

Reboot adalah memulai ulang sebuah sistem. Dan tujuannya adalah untuk melakukan penyegaran dan banyak lagi. Namun reboot memiliki istilah lain di masyarakat yakni restrat.

Nah, reboot beda dengan reset. Karena reset tindakan menghapus data sedangkan reboot hanya memulai ulang sebuah sistem operasi.

Sampai di sini kalian sudah paham bukan? harusnya paham. So, selamat mencoba. Sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang.

 

Comment

Rekomendasi Editor