Ramadhan 2022 Berapa Hari Lagi? Simak yuk!

Ragam1482 Views

Bulan puasa selalu menyenangkan. Meski dua tahun belakangan mungkin kurang semarak akibat adanya Korona. Ramadhan 2022 akan datang dalam hitungan bulan. Lalu kapan sih sebenarnya tepatnya? Bro and Sis mudah mencari tahu. Namun perlu kalian pahami bahwa Ramadhan di Indonesia maupun dunia biasa terjadi silang pendapat.

Ramadhan 2022 Berapa Hari Lagi?

Kita berada di awal tahun 2022. Pemerintah sudah pasti belum menentukan. Karena biasanya akan ada sidang Itsbat yang akan dilakukan bersama banyak ormas.

Sidang ini dilakukan oleh kementrian agama. Dan diikuti banyak ormas Islam tanah air.

Dikutip dari website resmi Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, puasa Ramadhan 2022 diperkirakan jatuh pada Sabtu (2/4/2022). Artinya puasa Ramadhan akan kembali dijalankan dalam 88 hari lagi.

Perlu Bro and Sis pahami, akan lebih baik jika saat ini kita menyiapkan diri saja menyambut bulan suci yang akan datang dalam hitungan bulan.

Baca juga: Puasa 2022 Berapa Hari Lagi? Ini Prediksi Sejumlah Pakar

Bahkan Ibnu Rajab berpendapat, sebaiknya latihan puasa sebelum datangnya Ramadhan,  Ibnu Rajab rahimahullah menjelaskan,

Ada ulama yang berpandangan, bahwa puasa Nabi ﷺ di bulan Sya’ban, bertujuan untuk latihan sebelum menjalani puasa ramadhan. Supaya berjumpa ramadhan tidak dengan rasa berat. Dia telah berlatih puasa dan dia telah merasakan kelezatan dan manisnya puasa Sya’ban di hatinya. Sehingga memasuki Ramadhan dengan penuh kekuatan dan semangat. (Dikutip dari: Nida’ ar Royyan 1/479)

Sekarang, daripada tanya terus kapan puasa, mending berlatih puasa Sunnah Senin-Kamis. Agar terbiasa ketika datangnya bulan suci itu.

Persiapan Menyambut Ramadhan

Ada beberapa perkara yang sebaiknya disiapkan seorang muslim menyambut bulan suci Ramadhan. Simak yuk!

1. Taubatan Nasuha

Penting sekali. Bertaubat dari semua dosa besar atau kecil. Dan lebih baik dilakukan sejak dini.

Dalam alquran disebutkan, “Bertaubatlah kalian kepada Allah wahai orang-orang beriman supaya kalian beruntung (sukses).” (QS. An-nahl: 31)

2. Puasa Sunnah

Nabi biasa berpuasa di bulan Sya’ban. Dan ini juga dilakukan oleh para Sahabat Nabi. Makanya diterangkan bahwa nabi biasa melakukan puasa sunnah sebelum masuk ramadhan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

3. Perbanyak Ibadah

Perbanyak ibadah sunnah seperti tahajud, salat sunnah dan semisalnya. Karena ramadhan adalah bulan panen pahala maka jika tidak terbiasa dengan pahala besar susah adaptasi di sana.

Dan senantiasa hamba-Ku mendekatkan diri kepadaKu dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya.” (HR. Bukhari no. 2506).

Kesimpulan…

Ramadhan 2022 Berapa Hari Lagi? kita tunggu saja kapan tepatnya berdasarkan pengumuman pemerintah. Meski jika dihitung maka hari ini, Senin, 3 Januari 2022, Ramadan kurang 88 hari lagi.

Comment