Perbedaan Hub dan Switch apa sih? Simak Penjelasannya

Memahami Perbedaan Hub dan Switch dan pengertiannya dengan detail

Tech373 Views

Perbedaan Hub dan Switch, router apa sih? di zaman digital ini, pemakai Indihome atau semisalnya, pasti pernah mendengar istilah tersebut, bukan?

Sekilas sama. Namun sebenarnya berbeda pengertiannya. Dan ada definisi masing-masing. Untuk bisa memahami ketiganya, perlu pengertian yang lebih dalam. Lalu apa saja perbedaan ketiganya?

Untuk lebih jelas, dalam kesempatan kali ini kami akan ulas perbedaan dan manfaatnya. Agar kalian semua tahu secara detailnya.

Perbedaan Hub dan Switch

Keduanya sering diintegrasikan dalam satu perangkat secara bersamaan. Jika kalian pakai modem Indihome misalnya,. ada Hub dan Switch.

Berbeda dengan router, Hub dan Switch memiliki fungsi berbeda. Lalu apa saja fungsi dan bedanya? simak penjelasannya di bawah ini.

Hub adalah?

Secara singkat, Hub adalah jenis perangkat jaringan yang biasa digunakan sebagai titik koneksi berbagai perangkat dalam Jaringan Area Lokal (LAN).

Hub akan menerima paket yang tiba di salah satu koneksi port, menyalin paket, dan mengirimkannya ke port lain sehingga semua segmen LAN dapat melihat dan mengakses data.

Selain itu, Hub tidak memiliki kemampuan untuk membedakan port. Oleh karena itu, ketika satu port di hub merespons, semua port lain di dalam jaringan juga akan menerima respons tersebut.

Switch adalah?

Pada dasarnya, switch adalah versi hub yang lebih efisien dan lebih cerdas. Perangkat keras ini menggunakan packet switching untuk menerima dan meneruskan data ke tujuan.

Perbedaan terbesar antara hub dan switch terletak pada cara mengirimkan paket data. Pasalnya, Switch tidak meneruskan data ke semua perangkat dalam jaringan.

Fungsi Hub

Berikut adalah beberapa fungsi dari hub:

  • Menambahkan atau mengurangi workstation.
  • Menjadi repeater yang bisa menambah jarak network.
  • Melakukan proses transfer paket data dari server ke komputer client.
  • Memperbaiki jaringan dengan fitur fault to tolerance dan isolasi kerusakan.
  • Memiliki pengelolaan tersentralisasi untuk mengumpulkan informasi dan diagnostik.
  • Membantu memecah jaringan dari satu server ke beberapa komputer yang ada terkoneksi di dalam jaringan.

Fungsi Switch

Berikut adalah beberapa fungsi dari Switch:

  • Menjadi penguat sinyal atau repeater di dalam jaringan.
  • Menerima informasi dari sumber yang terhubung dengan switch.
  • Mengirimkan informasi dan data yang diterima ke tujuan yang sesuai.
  • Menghubungkan satu sampai beberapa perangkat komputer dalam local area network.
  • Mendukung fitur looping avoidance yang berfungsi untuk mencegah data terjebak dalam putaran jaringan port dan tidak sampai ke tujuan.

Perbedaan Hub dan Switch

Setelah paham keduanya, sekarang perhatikan tabel di bawah ini. Di bawah ini diterangkan mengenai beda antara Hub dan Switch.

Yuk simak agar lebih jelas.

perbedaan hub dan switch

Demikian informasi mengenai perbedaan hub dan switch yang bisa kami hadirkan. Semoga informasi ringkas ini membantu kalian semua dalam memahami.

Comment