Perbedaan AMD dan Intel, Kelebihan serta Kekurangannya

Tech, Tip & Trik813 Views

Perbedaan AMD dan Intel apa saja sih? terkadang, sebagai pengguna komputer sejal tahun 2000 sekalipun, kita tidak peduli beda keduanya. Karena kita asal pakai.

Padahal dengan memahami beda keduanya, setidaknya kita bisa lebih bijaksana dalam membeli gadget. Misalnya, ketika hendak membelikan laptop untuk anak. Kita bisa memilihkan yang sesuai dengan kebutuhannya. Bukan keinginannya.

Baca juga:  Software Antrian Open Source Gratis Full Versi

Sebelum mengulas beda AMD dan Intel, kamu perlu pahami apa sih manfaat dari intel dan AMD? AMD atau intel adalah jenis dari Matheboard.

Pendek kata, ibarat manusia, untuk bisa hidup perlu jantung. Untuk bisa berpikir perlu CPU. Nah, jantung disebut Motherboard.

Akan lebih mudah jika dipahami jenis otak komputer. Mungkin begitu.  Dua jenis otak komputer tersebut adalah AMD dan intel. Lalu apa sih beda keduanya?

Makanya ada istilah intel core. Ini perkembangan dari setiap perubahan yang ada. Core dimulai dengan 1 sampai sekarang ada core 7 atau core intel 7.

Begitu juga dengan AMD. Dia juga memiliki generasi. Setiap generasinya membedakan kinerja dan kecanggihannya. Sama seperti otak manusia, saat kecil ia hanya bisa berpikir simpel. Namun ketika besar dan sudah mengenyam pendidikan, otaknya semakin canggih. Bukankah begitu?

Perbedaan AMD dan Intel

Pertama, pahami kalau keduanya sama-sama buatan Amerika Serikat. Namun beda pabrikan saja. Kita bahas dulu dari sisi intel.

Intel adalah sebuah nama pabrik di Amerika Serikat. Dia memiliki banyak produk dan salah satunya adalah Chipset Komputer.

Beberapa generasi Intel yang masih ada, sebagai berikut:
1. Intel® Pentium® 4
2. Intel® Pentium® Dual-Core
3. Intel® Core™2 Duo
4. Intel® Core™2 Quad
5. Intel® Core™2 Extrme
6. Intel® Core™ i7

Kemudian ada AMD. AMD adalah Advanced Micro Devices. AMD adalah sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, prosesor atau IC (integrated circuit) yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika. Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi Athlon saja.

AMD bermimpi, harga sbeuah PC akan jadi lebih murah. Maka diciptakan sebuah otak komputer dengan nama AMD pada tahun 2006.

AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology. Perusahaan ini adalah penyedia prosesor x86-compatible processors terbesar kedua.

AMD juga sudah dikenal oleh dunia, beberapa produknya yaitu :
1. AMD Sempron™
2. AMD Athlon™ FX
3. AMD Athlon™ 64
4. AMD Athlon™ X2
5. AMD Athlon™ X3
6. Athlon™ X4

Perbedaan Keduanya

Kita ulas pertama dari segi arsitek. AMD mengintegrasikan memory controller ke dalam prosesor buatan mereka, sehingga jalur data antara prosesor dengan chipset jadi lebih singkat. Intel tidak mengintegrasikan memory controller ini ke dalam prosesornya. Lebih berfokus pada penanaman memori internal pada prosesor.

Baik Intel maupun AMD, memiliki keunggulan masing-masing. Bagi AMD, penanaman memory controller yang sering disebut sebagai HyperTransport ke dalam prosesor membuat transfer data rate menjadi lebih cepat (karena data tidak harus menunggu dari memori utama), tetapi menjadikan memori internal pada prosesor menjadi kecil.

Pemakaian harian, AMD banyak yang bilang lebih ditujukan ke gaming. Jika kamu seorang penggemar game, akan lebih baik pakai AMD.

Namun untuk desainer grafis dan semisalnya, pakai intel. Dan sampai sekarang sudah diyakini seperti itu oleh para penggemar game maupun pekerja kantoran.

Dari sisi Frekuensi dan chipset. AMD jarang yang memiliki speed sampai 3Ghz ke atas. Sedangkan Intel bisa 4Ghz lebih.

Sebagai contoh AMD Sempron yang setara dengan Intel Pentium 4. Dari sisi ini, banyak yang mengatakan Cloock Speed AMD lebih kecil.

Grafis Onboard AMD lebih andal.  Motherboard-motherboard  AMD banyak memakai chipset dengan grafis terintegrasi dari nVidia maupun ATi Radeon yang sudah sangat memadai dalam hal grafis nya, berbanding terbalik dengan Intel.

Hanya saja soal overheating, AMD lebih mudah panas. Meski begitu, kabarnya pada seri terbaru sudah banyak diperbaiki.

Namun perbedaan AMD dan Intel tentu saja kembali pada kebijaksanaan masing-masing. Bagi yang suka game coba pakai AMD. Yang suka desain dan kerja berat Intel.

Comment