Cara Memperbaiki Flashdisk yang tidak Terbaca tanpa Aplikasi

Flashdisk Tidak Terbaca? Begini Cara Mengatasinya dengan mudah tanpa aplikasi serta tanpa ribet

Tip & Trik93 Views

Cara Memperbaiki Flashdisk yang tidak Terbaca sebenarnya sangat mudah. Ada aplikasi khusus, namun setidaknya ada yang lebih mudah lagi. Jika kamu termasuk pengguna flashdisk, ada baiknya coba tutorial yang satu ini dulu.

Jika kamu termasuk sedang mengalami, jangan panik. Sebelum diperbaiki ada beberapa troble shooting yang harus kamu lakukan, sehingga kamu akan menemukan penyebabnya, sebelum diperbaiki.

Siapa tahu hanya ada di masalah kecil. Yang tidak perlu diperbaiki. Nah, tutorial kali ini akan sangat dibutuhkan olehmu.

Baca dulu: Cara Atasi Windows Script Host Access is Disabled on This Machine

Cara Memperbaiki Flashdisk yang tidak Terbaca

Sebelum diperbaiki, lebih baik cek dulu sebabnya apa. Jika sudah tahu penyebab flashdisk tidak terbaca, lakukan perbaikan.

Setidaknya ada beberapa sebab sebuah flashdisk tidak bisa terbaca saat dicolokkan ke sebuah media. Apa saja? mari kita simak trobel shooting dan cara memperbaikinya.

1. Port kotor

Ini penyebab umum. Bahkan bisa jadi ini kendala yang kamu hadapi. Coba bersihkan port flashdisk kamu dengan menggunakan penghapus atau karet. Jika sudah colokkan lagi.

2. Perlu diformat

Bisa jadi karena eror pada sistem, sehingga flashdisk perlu diformat. Kalau begini, segera lakukan format agar bisa digunakan lagi.

3. Cek Port USB pada Laptop

Sebelum menghubungkan flashdisk, pastikan bahwa port benar-benar bersih dan terhindar dari debu. Jaga port USB Anda agar tidak longgar atau dapat digerakkan ke atas dan ke bawah.

Nah, jika dengan satu port tidak berhasil coba dengan port lain. Karena kadang bukan pada flashdisk melainkan port laptop atau PC.

4. Cek Status Flashdisk dengan Command Prompt

Sekarang  colokkan flashdisk lalu klik logo Windows lalu ketik command prompt. Apabila sudah muncul tab jendela hitam, ketik chkdsk G:. Ubah huruf “G” dengan yang sesuai pada flashdisk misalnya “H” atau semisalnya.

Dan jika ada eror, akan muncul pop up notifikasi bahwa flashdisk eror.

5. Format Flashdisk dengan Disk Management

Mudah dijalankan, namun ekstrem. Sebab kamu akan kehilangan seluruh file yang ada di dalam flashdisk. Bagaimana caranya?

Pertama, klik Windows + X atau cari Disk Management di pencarian Windows. Kedua, pilih lokasi flashdisk yang akan diformat. Klik kanan pada drive tersebut lalu pilih format.

Itulah cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca. Semoga ringkasan tutorial ini bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencoba, semoga berhasil. Salam.

Comment