Cara Jualan Foto di Shutterstock dan Panduan Memulainya

Hobi fotografi dan ingin dapat cuan dari foto yang dihasilkan? coba jual ke Shutterstock saja

Hobi fotografi dan ingin jual hasil fotonya? ke Shutterstock saja. Shutterstock adalah perusahaan yang menyediakan berbagai macam gambar, ilustrasi, vektor, video, dan musik royalty-free yang dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan.

Berdiri sejak tahun 2003, Shutterstock sudah menjadi salah satu penyedia konten terbesar di dunia dengan lebih dari 200 juta gambar yang tersedia dalam katalog mereka.

Shutterstock memberikan akses bagi para pelanggannya untuk menemukan dan membeli gambar yang sesuai dengan kebutuhan mereka dengan mudah dan cepat.

Dalam satu akun, pelanggan dapat membeli paket download bulanan atau tahunan untuk mengakses sejumlah gambar yang mereka butuhkan.

Selain itu, Shutterstock juga menawarkan paket untuk pelanggan bisnis dan agensi kreatif untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka.

Kelebihan dari menggunakan Shutterstock adalah kualitas gambar yang tersedia yang sangat baik dan banyak pilihan.

Setiap gambar yang tersedia di Shutterstock telah melalui proses verifikasi dan persetujuan sebelum diunggah ke katalog mereka.

Ini memastikan bahwa gambar yang tersedia memiliki kualitas tinggi dan bebas dari cacat atau masalah hak cipta.

Shutterstock juga memiliki platform yang mudah digunakan dan intuitif. Pelanggan dapat menemukan gambar yang mereka butuhkan dengan menggunakan kata kunci atau melalui kategori yang tersedia.

Setelah membeli paket, pelanggan dapat mengunduh gambar dengan mudah dan menggunakannya sesuai kebutuhan mereka.

Dengan semua kelebihan dan layanannya, Shutterstock menjadi pilihan yang baik bagi siapa saja yang membutuhkan gambar, ilustrasi, vektor, video, atau musik untuk keperluan bisnis atau personal.

Jika Anda membutuhkan konten visual yang berkualitas dan mudah diakses, maka Shutterstock adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Untuk menjual gambar di Shutterstock, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Daftar sebagai contributor Shutterstock: Anda harus membuat akun contributor dan menyediakan informasi pribadi dan verifikasi identitas.
  2. Upload gambar: Setelah memiliki akun, Anda dapat meng-upload gambar Anda dan memberikan deskripsi dan tag untuk membantu pengguna menemukan gambar Anda.
  3. Review dan persetujuan: Setelah meng-upload gambar, Shutterstock akan melakukan review dan memutuskan apakah gambar Anda memenuhi standar kualitas mereka.
  4. Jual gambar: Setelah gambar Anda disetujui, mereka akan tersedia untuk dibeli oleh pelanggan Shutterstock. Anda akan menerima royalti setiap kali gambar Anda terjual.

Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan Shutterstock sebelum memulai proses menjual gambar agar memahami bagaimana sistem pembayaran dan hak cipta bekerja.

Tips Gambar Diterima Shutterstock

Saya tidak bisa membuat foto, namun saya bisa memberikan beberapa saran untuk membuat foto yang diterima oleh Shutterstock:

  1. Kualitas tinggi: Pastikan foto memiliki resolusi tinggi dan tidak buram atau kabur.
  2. Unik dan orisinil: Shutterstock mencari foto yang tidak biasa dan orisinil. Jangan mengambil atau mengcopy foto dari sumber lain.
  3. Fokus pada subjek utama: Pastikan foto memiliki fokus yang jelas pada subjek utama dan tidak terdistraksi oleh objek lain di latar belakang.
  4. Kompozisi yang baik: Pertimbangkan kompozisi, cahaya, dan warna untuk membuat foto yang menarik dan memiliki visual yang kuat.
  5. Keberagaman: Shutterstock mencari beragam jenis foto, seperti foto alam, bisnis, gaya hidup, dll. Pastikan foto yang dikirimkan memiliki tema yang berbeda dari foto yang sudah ada di platform.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, kemungkinan foto akan diterima oleh Shutterstock meningkat.

Kelebihan dan kekurangan Shutterstock

Platform online yang menyediakan bahan visual, seperti gambar, ilustrasi, dan video, untuk berbagai kebutuhan kreatif ini berdiri sejak 2003, Shutterstock memiliki lebih dari 250 juta gambar dan video yang tersedia untuk digunakan.

Kelebihan utama Shutterstock adalah kualitas gambar yang tersedia. Semua gambar dan video yang tersedia di Shutterstock harus melewati proses moderasi sebelum diunggah ke platform, sehingga memastikan bahwa kualitas gambar selalu terjaga.

Ini membuat Shutterstock menjadi pilihan utama bagi para profesional dalam berbagai bidang seperti desain grafis, iklan, dan penerbitan.

Dengan lebih dari 1,5 juta kontributor dari seluruh dunia, Shutterstock memiliki koleksi gambar yang luas dan bervariasi.

Dari gambar konsep hingga gambar produk, Shutterstock memiliki banyak pilihan untuk setiap kebutuhan.

Shutterstock juga menawarkan berbagai pilihan lisensi untuk gambar dan video yang tersedia. Dari lisensi satu kali pemakaian hingga lisensi tahunan, Shutterstock menawarkan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran setiap pengguna.

Namun, meskipun menawarkan kualitas gambar yang baik dan pilihan lisensi yang beragam, Shutterstock memiliki beberapa kekurangan juga.

Beberapa pengguna mungkin merasa koleksi gambar yang tersedia kurang unik dan tidak selalu sesuai dengan kebutuhan mereka.

Harga gambar di Shutterstock juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan platform lain yang menawarkan gambar gratis.

Secara keseluruhan, Shutterstock adalah platform yang layak untuk dicoba bagi siapa saja yang membutuhkan bahan visual untuk keperluan kreatif mereka.

Namun, sebelum memutuskan untuk berlangganan, pastikan untuk membandingkan dengan platform lain dan mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda. (Diva)

Comment