Cara Masuk Bios Lenovo Sesuai yang Disarankan

Tip & Trik398 Views

Pengguna gadget pasti kenal dengan nama Lenovo. Namun untuk pengguna PC dan laptop kadang ngga paham tentang bios. Sehingga susah masuk ke Bios Lenovo.

Apa sih bios? secara mudah kita sebut saja bios adalah setingan dari perangkat yang ada di dalam sebuah gadget. Jika kamu ingin instal windows, tentu harus setting antara Hardisk dan semisalnya. Bukan secara fisik namun untuk mengatur hardware saat boothing.

Cara ini sedikit rumit. Lebih banyak dipahami oleh yang sudah mahir. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan kamu bisa kok belajar sendiri.

Baca juga: Cara Menghilangkan Password di Excel Paling Mudah & Cepat

Bios Lenovo

Bios Lenovo sama dengan yang lain. Hanya saja setingannya berbeda. Yang sudah biasa setting bios pasti paham, tapi yang belum?

Nah, tutorial berikut akan memandu kalian masuk ke setting bios. Mudah banget kok.

Bagaiamana cara masuknya? mari kita simak urutannya pada tutorial di bawah ini. Semoga bermanfaat.

  1.  Nyalakan laptop/ PC Lenovo kamu
  2. Setelah laptop booting, Gadgeter dapat langsung menekan tombol dengan kombinasi fn dan f1 (biasanya untuk Lenovo ThinkPad), fn dan f2 (biasanya untuk Lenovo G405 atau G series), atau f1 (biasanya untuk Lenovo IdeaPad).
  3. Sekarang kamu bisa setting Biosnya

Cara mengubah urutan boot di BIOS

  1. Setelah menu Boot ditemukan, cari Boot Order yang akan diubah. Terkadang, opsi boot yang ditunjukkan pada gambar berikut mungkin disembunyikan di tab lain. Gulir ke sekeliling dan coba temukan opsi ini.Catatan : Langkah-langkah yang tercantum di bawah ini hanya untuk contoh BIOS ; BIOS komputer Anda mungkin sedikit berbeda.

Setting BIOS

Untuk mengubah perangkat mana yang akan di-boot terlebih dahulu , ikuti petunjuk di layar utilitas pengaturan BIOS untuk mengubah urutan boot.

  1. Dalam contoh ini urutan boot dapat diubah menggunakan tombol + dan -. Ingat, BIOS Anda mungkin memiliki instruksi yang berbeda.
  2. Dengan menggunakan tombol + dan – contoh mengubah Drive CD-ROM ke atas Urutan Boot .
  3. Menggunakan F10 , Simpan dan Keluar, simpan semua tindakan dan keluar, atau navigasikan ke tab Keluar dan simpan perubahan.

Catatan: Drive USB tidak muncul sebagai opsi dalam daftar, meskipun komputer memiliki port USB . Jika perangkat USB terhubung ke komputer sebelum memulai komputer dan mengakses layar ini, opsi drive USB akan ditampilkan dalam daftar. Beberapa komputer menampilkan opsi drive USB meskipun drive tidak terhubung.

Urutan boot adalah daftar prioritas. Misalnya, jika drive USB berada di atas hard drive dalam urutan boot Anda, komputer akan mencoba drive USB , dan jika tidak terhubung atau tidak ada sistem operasi, boot dari hard drive.

Sekian dulu informasinya, ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada kesempatan yang akan datang. Salam.

Comment