Udah tahu Beda JPG dan JPEG? Cek yuk Perbedaan Keduanya!

Tip & Trik293 Views

Beda JPG dan JPEG apa? sebenarnya ngga ada bedanya. Cuma jumlah karakternya saja yang berbeda. Begini penjelasannya. Sebagai seorang pemakai dunia maya, tentu kamu sering berurusan dengan gambar. Terlebih jika kamu sering berurusan dengan edit foto. Tentu akrab dengan extensi image, misal RAW, JPEG, JPG dan semisalnya.

Namun meski akrab kita sering ngga tahu beda JPG dan JPEG. Padaha jika kamu seorang pelaku bisnis online, harusnya kamu memahami. Bukankah banyak platfom sosial media mewajibkan format gambar tertentu. Ok, kita kupas beberapa penjelasanya.

Baca juga:

Beda JPG dan JPEG

Sebelum mengulasnya kita bicara dulu mengenai sejarah JPEG dan JPG. Awalnya JPEG muncul tahun 1990-an. JPEG ini cuy, adalah extensi atau format gambar yang pertama kali muncul. JPEG merupakan kepanjangan dari Joint Photographic Experts Group yang mulai diperkenalkan pada tahun 1992 sebagai standar ISO.

Namun karena saat itu OS hanya ada Macintosh dan Windows pun masih awal, yang bisa baca JPEG hanya Mac.

Sedangkan WIndows hanya bisa membaca extensi 3 karakter. Kalau Mac bebas, ngga terbatas.

Lalu, masalahnya kamera di zaman itu banyak pakai JPEG. Windows pun hampir kalah pamor. Maka mereka menciptakan file gambar dengan format JPG atau 3 karakter.

JPEG umum banget. Dan sebagai format pertama kali muncul, dia digunakan oleh berbagai sistem operasi yang ada.

Tapi seiring dengan kemajuan zaman, Windows pun memunculkan format JPG tadi.

Karakter JPEG

for Your Information, JPEG merupakan singkatan dari Joint Photographics Expert Group. Format gambar ini mulai dikembangkan pada tahun 1986, di mana pada tahun 1992 versi ISO Standard nya secara resmi dirilis dan digunakan secara luas oleh masyarakat.

Format ini memiliki keunggulan dalam size dan campuran warna. Wajar jika dia disebut pioner foto kece. Tapi ada juga yang berpendapat kalau format ini memiliki sisi blur sebab memakai metode kompresi yang digunakan adalah lossy compression

Karakter JPG

Sebenarnya karakter mirip. Karena ini adalah pengembangan dari JPEG. Seperti yang kamu tahu, ketika itu Windows ngga bisa baca JPEG, maka dimunculkan format 3 karakter. Dan jadilah JPG yang sekarang ada.

Yah, meski windows sekarang sudah bisa pakai JPEG maupun JPG. Tapi tetap saja keduanya memiliki histori yang menarik. Dan tentu saja kalian tahu kesimpulannya, kan?

Kesimpulan…

Dari semua keterangan yang ada, sekarang jelas sudah bahwa JPEG dan JPG adalah sama. Yang membedakan hanya karakternya saja. JPEG terdiri dari 4 karakter, sedangkan JPG terdiri dari 3 karakter.

Ok cuy sekalian, itulah beda JPG dan JPEG. Semoga menginspirasi kalian semua. Serta bisa menambah knowledge untuk kalian semua, terutama pelaku editing foto dan pemakai sosial media. Selamat mencoba ya. Salam.

Comment