Beda GPT dan MBR dalam Instalasi Windows

Perbedaan GPT dan MBR di Instalasi Windows dan Cara Memahaminya dengan Mudah

Tip & Trik246 Views

Beda GPT dan MBR apa sih? Perbedaannya adalah Disk Master Boot Record (MBR) menggunakan tabel partisi BIOS standar. Lalu, Disk GUID Partition Table (GPT) menggunakan Unified Extensible Firmware Interface (UEFI).

Salah satu keuntungan dari disk GPT adalah kamu dapat memiliki lebih dari empat partisi pada setiap disk. GPT juga diperlukan untuk disk yang lebih besar dari dua terabyte (TB).

Yang mau belajar instalasi, harus paham keduanya. Karena keduanya penting untuk kamu pahami. Apa sih beda keduanya?

Seperti yang sudah tertulis di atas, beda keduanya cukup spesifik. Sekarang kita akan mengulas tuntas apa saja beda keduanya dengan detail.

Beda GPT dan MBR

Disk atau hardisk adalah komponen penting dalam sebuah CPU. GPT memiliki kualitas lebih baik. Karena dia hadir menggantikan MBR yang memiliki beberapa kekurangan.

GPT memiliki limit yang lebih besar. Berbeda dengan MBR yang limit hanya sampai 2,2 TB. Seperti yang kamu tahu, saat ini kebutuhan penyimpanan sangatlah besar. Tidak hanya sampai 2TB, melainkan sampai puluhan TB.

Dan jika memakai MBR, maka tidak akan cukup. Jawabannya adalah kamu butuh GPT agar lebih banyak menampung data.

beda GPT dan MBR

Ini perbedaannya secara ringkas dan paling mudah. Pada hardisk dengan jenis MBR, kamu hanya bisa membagi sampai 4 partisi saja.

Maka percuma banget beli Hardisk tapi masih MBR. Karena dia tidak akan memberikan kita hak istimewa untuk membagi lebih dari 4 partisi.

Sedangkan GPT disk mendukung penyimpanan hingga 9,4 ZB dengan dukungan partisi primary yang bisa mencapai 128 partisi.

Sekarang kesimpulan dari perbedaan ini apa sih? mari kita simak di bawah ini.

Perbedaan MBR dan GPT pada Hardisk

  1. MBR hanya men-support 4 partisi primary, GPT jauh lebih banyak yaitu bisa sampai 128 partisi primary.
  2. Kapasitas penyimpanan MBR sangat terbatas, yaitu 2 TB saja. Sedangkan GPT bisa sampai 9,4 ZB.
  3. Pada partisi MBR, jika kita ingin menggunakan lebih dari 4 partisi, kita harus mengorbankan satu partisi primari untuk dijadikan extended, baru kemudian bisa membuat banyak partisi logical. Untuk di GPT, kita tidak perlu melakukan hal seperti itu.
  4. Pada MBR hanya sektor pertama saja yang menyimpan informasi mengenai partisi dan sistem operasi.Tetapi di GPT, informasi tersebut dibackup lebih dari satu kali, sehingga meminimalisir akibat jika sektor pertama rusak.
  5. MBR dapat digunakan oleh semua OS. Hanya sistem operasi windows XP 64bit dan windows yang kompatibel saja yang dapat menjalankan GPT.
  6. Untuk dukungan booting 32-bit di GPT, hanya dimiliki oleh windows 8. Sedangkan sistem operasi lain seperti Windows 7, Vista, tidak memiliki dukungan booting 32-bit dari GPT.

Demikian informasi mengenai beda MBR dan GPT pada hardisk yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ringkas ini bisa membantu.

Comment