Amalan Bulan Dzulhijjah dari Puasa Hingga Kurban

Ragam293 Views

Amalan bulan Dzulhijjah wajib dipahami oleh setiap muslim. Awal bulan Dzulhijjah jatuh pada 11 Juli 2022. Ini artinya sekitar 2 bulan setelah Idulfitri.

Bulan tersebut juga bulan suci ummat islam. Ada banyak anjuran menyambut datangnya bulan itu. Atau ketika memasuki 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Nah, dalam redaksi khas kali ini,  kita akan belajar kumpulan amalan bulan Dzulhijjah yang bisa kamu praktekkan. Apa saja?

Baca juga: Ide Menu Buka Puasa Sehat, Nikmat dan Bergizi!

Pada bulan ini, terutama 10 hari pertamanya, ada pahala yang besar. Seorang muslim harus paham. Dan tentu saja harus bersiap mengamamalkan ajaran islam. Mulai dari puasa sampai kurban.

Apa saja amalan tersebut? kita simak yuk selengkapnya.

Amalan Bulan Dzulhijjah

Ada 6 atau bahkan lebih. Namun setidaknya dengan amalan yang akan redaksi berikan, kalian bisa mendapatkan informasi menarik.

Namun sebelum membahas amalan apa saja, kita bahas dulu kapan dan berapa hari. Kita simak yuk.

Keutamaan 10 Hari Pertama bulan Dzulhijjah

Di Bulan Dzulhijjah, 10 hari pertamanya memiliki keutamaan yang besar. Banyak ulama menganjurkan untuk memperbanyak ibadah di waktu itu.

Selain itu, ada juga perintah berpuasa. Lalu apa saja dalilnya?

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.”

(HR. Abu Daud no. 2438, At Tirmidzi no. 757, Ibnu Majah no. 1727, dan Ahmad no. 1968, dari Ibnu ‘Abbas. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim.)

Mujahid mengatakan, “Amalan di sepuluh hari pada awal bulan Dzulhijah akan dilipatgandakan.”

Jadi, jika ada pertanyaan, “kapan sih amalan bulan Dzulhijjah dilakukan?”

Maka jawabannya adalah, “10 hari pertama bulan Dzulhijjah”

Kumpulan Amalan Bulan Dzulhijjah

Setidaknya ada 6 amalan di awal bulan ini yang wajib dipahami setiap muslim. Lalu apa saja? mari kita simak.

1. Puasa Sunnah

Mulai tanggal 1 Dzulhijjah berpuasalah hingga tanggal 9 Dzulhijjah. Karena Nabi Shalalallahu ‘alaihi wassalam melakukannya. Perhatikan hadis berikut.

Dari Hunaidah bin Kholid, dari istrinya, beberapa istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya (HR. Abu Dawud)

2. Takbir dan Memperbanyak Zikir

Bertakbirlah dan perbanyak zikir ketika masuk 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Imam Bukhari mengatakan,

Ibnu ‘Abbas berkata, “Berdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10  hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq.” Ibnu ‘Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin ‘Ali pun bertakbir setelah shalat sunnah.

3.Perbanyak Amal Shalih

Sedekah, silaturahmi, dan sebagainya yang termasuk amal salih. Lakukan dan perbanyak secara konsisten. Agar memiliki cakupan yang luas soal amal salih.

Kemudian bisa juga dengan memperbanyak salat sunnah serta membaca alquran. Dengan begini, setidaknya sudah menghidupkan 10 hari pertama di bulan ini.

4. Taubat
Ini juga perkara yang ditekankan ketika 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Perbanyak taubat dengan cara membaca istigfar atau melakukan penyesalan pada dosa yang sudah dilakukan.

Kemudian perbanyak berdoa pada Allah agar semua dosa yang sudah dilakukan diampuni Allah Subhanahu wata’ala.

5. Kurban

Disyariatkan berkurban bagi yang mampu. Namun pendapat ulama mengatakan ada 2 kondisi, pertama wajib bagi yang mampu, kedua hanya sebatas sunnah.

Jika wajib, sekali seumur hidup harus melakukannya. Jika sunnah, maka kondisional. Kurban adalah ajaran nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Dan merupakan perintah Allah dalam alquran.

Dirikanlah shalat dan berkurbanlah (an nahr).” (QS. Al Kautsar: 2).

6. Haji dan Umrah

Utamakan berhaji. Namun jika sudah mendaftar namun belum datang waktunya, silakan umrah dulu. Ini juga amalan besar di bulan Dzulhijjah yang harus dipahami seorang muslim.

Kesimpulan…

Itulah beberapa amalan bulan Dzulhijjah yang bisa diamalkan. Mengingat bulan tersebut tinggal 2 bulan lagi, maka mari pahami sejak dini dan latihan mengamalkannya, Semoga ringkasan ini bermanfaat.

Comment